Biznet Bawa Animasi Lokal Go International

Jakarta - Biznet Networks tengah memproduksi tayangan animasi lokal untuk pendidikan anak. Selain ditayangkan di saluran TV kabel miliknya, film animasi yang dihasilkan tenaga kreatif muda dari Biznet ini pun akan diimpor ke 10 negara dunia.

Dari penuturan Adi Kusma, Presiden Direktur Biznet, pihaknya sedang kejar tayang agar animasi dengan judul Animarsh ini bisa on-air awal 2014 mendatang di saluran Max3 Kids dengan kualitas gambar high definition (HD).


Berbagai karakter kartun binatang dengan nama Don, Nana, Nino, Kitty dan Niel ini ditargetkan bisa hadir dalam 54 episode di season pertamanya. Film ini sendiri berdurasi 7 menit untuk tiap episode.


"Sekarang baru selesai dua puluhan episode karena memang pembuatannya lama, ada banyak frame di tiap episode," kata Adi dalam emailnya yang diterima detikINET, Jumat (19/7/2013).


Ia juga mengatakan, seluruh produksi Animarsh dilakukan di Indonesia dengan tenaga ahli lokal, yakni oleh tim Max3 Studioworks yang terdiri dari 20 orang dengan base di Jakarta dan Yogyakarta.



"Indonesia punya banyak sumber daya kreatif. Semoga dengan animasi yang menghibur, lucu, dan menggemaskan ini nama mereka semakin dikenal di kancah internasional," ujarnya.


Animasi ini diproduksi bilingual dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Selain menyasar pemirsa lokal, Animarsh juga akan dipasarkan ke luar negeri melalui jaringan TV kabel Max3 Kids.


"Rencananya akan dijual ke 10 negara, seperti Amerika, Korea, Jepang dan negara Asia," tutur Adi. Di Indonesia, Max3 sendiri sudah menjangkau wilayah Jakarta, Bali, Bandung dan Bogor.


"Selama ini berbagai program hiburan di Max3 banyak dirancang untuk mendukung pendidikan dan hiburan anak. Biznet juga menyertakan fitur parental lock dalam layanan Max3 mereka. Fitur itu memungkinkan orang tua mengunci tayangan yang dianggap tidak sesuai dengan anak melalui penyandian," papar Adi.


(rou/rou)