Apple Ingin Beli Teknologi 'Kinect'

Jakarta - Apple kabarnya siap mengucurkan dana USD 280 juta demi memiliki teknologi pendeteksi gerak seperti Kinect Microsoft. Pembesut iPhone ini berniat meminang perusahaan pencipta teknologi di Kinect untuk konsol Xbox 360 tersebut.

Adalah PrimeSense, perusahaan asal Israel yang tengah dibidik Apple tersebut. PrimeSense terlibat dalam pengembangan teknologi sensor yang dipakai di Kinect. Seperti diketahui, Kinect bisa membaca gerakan si pengguna dan menerjemahkannya dalam bentuk gerakan atau kontrol game yang sedang dimainkan.


Microsoft sendiri seperti dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (17/7/2013), sudah cukup senang bisa melisensi teknologi milik PrimeSense tersebut. Namun bagi Apple melisensi saja tampaknya tidak akan cukup memuaskan sehingga memunculkan niat untuk mengakuisisinya.


Kemungkinan besar, Apple TV adalah produk yang akan dibenamkan teknologi ini, seandainya Apple memang benar-benar mengakuisisinya. Seperti diketahui, Apple sebelumnya dikabarkan sedang menggarap TV yang bisa dikontrol dengan gerakan tangan.


Jika Apple benar-benar membeli PrimeSense, maka perusahaan lain yang melisensi teknologinya bisa jadi bakal tersandung masalah. Beberapa perusahaan yang melisensi teknologi PrimeSense selain Microsoft antara lain Asus, iRobot dan masih banyak lagi.


(rns/ash)