Google Street View Ajak 'Jalan-jalan' ke Menara Eiffel

Jakarta - Layanan Street View milik Google makin keren saja. Baru saja, Google mengajak publik untuk 'berjalan-jalan' secara virtual ke salah satu landmark di kota Paris.

Bagi yang belum kesampaian menyambangi Eiffel, pemandangan yang disajikan Google ini patut ditilik. Ya, Google Cultural Institute bekerja sama dengan Eiffel Tower Operating Company merekam pemandangan 360% dari bangunan yang dikunjungi 7 juta orang tiap tahunnya ini.


"Jadi jika kamu belum pernah mengunjungi Menara Eiffel sebelumnya, dan ingin menilik dalamnya atau hanya sekadar menjelajah dengan cara baru, kunjungi situs kami dan benamkan dirimu dalam bangunan paling terkenal di planet ini," tukas Mark Yoshitake, Head of Product & User Experience, Google Cultural Institute, berpromosi.


Dari situs tersebut , pengunjung seakan sedang berada di lantai teratas Eiffel dan memandang lingkungan sekitar menara, seperti sungai Seine, Arc de Triomphe hingga Notre Dame.



Menara Eiffel bukanlah kali perdana dijelajah Google. Sebelumnya, Google juga pernah menyajikan foto panorama beresolusi tinggi di Kepulauan Galapagos, Antartika dan Svalbard. Bulan lalu, Street View juga mengenalkan imagery dari bangunan tertinggi di dunia yang berlokasi di Dubai, Burj Khalifa, demikian seperti dikutip dari PCMag, Rabu (17/7/2013).


Tentu saja, untuk mendapatkan pemandangan memukau tersebut, tim Street View dilengkapi dengan piranti khusus. Untuk Menara Eiffel sendiri, Google memakai alat bernama street view trolley. Alat ini pula yang khusus didesain untuk menjelajah museum dan monumen di seluruh dunia.


Google Street View total memiliki 5 piranti untuk mengeksplorasi tempat-tempat di dunia, disesuaikan dengan kondisi lapangan. Selain berbentuk trolley, Google juga menyematkan pirantinya di mobil, trike, snowmobile dan trekker.


(sha/ash)