Kecepatan Prosesor PS4 Lebih Rendah dari PS3

Jakarta - Konsol game PlayStation 4 sudah dipastikan mengandalkan prosesor 8 core AMD ‘Jaguar’ didalamnya. Namun berapa kecepatan clock pada prosesor yang digunakannya sempat menjadi misteri hingga saat ini. Pengajuan dev-kit PlayStation 4 pada Federal Communications Commission (FCC) mengungkap hal tersebut.

Berdasarkan dokumen pengajuan dev-kit PlayStation 4 terpampang jelas kecepatan clock prosesor yang tersemat pada PlayStation 4 bakal memiliki kecepatan maksimal 2,75 GHz. Lebih rendah dibandingkan PlayStation 3 yang mengandalkan prosesor Cell berbasis Power-PC dengan kecepatan clock sebesar 3,2 GHz.


Meski begitu prosesor PlayStation 3 hanya sanggup menghantarkan bandwidth maksimal sebesar 230, 4 GFlops. Berselisih sangat jauh dengan PlayStation 4 yang hadir dengan teknologi APU teranyar AMD ‘Jaguar’ bersenjatakan 8 core yang mampu menghantarkan bandwidth maksimal sebesar 1,84 TFLOPS.


Dev-Kit PS4 FCC (engadget)

Hal menarik lainnya adalah tingkat panas yang dimiliki PlayStation 4, berdasarkan dokumen FCC yang detikINET kutip dari engadget, Selasa (16/7/2013), dalam operasinya temperature PlayStation 4 diklaim tidak akan lebih dari 35 derajat celcius atau tepatnya berada pada kisaran 5 hingga 35 derajat celcius.


Ini artinya kegagalan hardware seperti YLOD (Yellow Light of Death)yang sering ditemui pada PlayStation 3 bisa jadi tak akan lagi ditemui pada PlayStation 4.


(yud/ash)