BizTalk dan SQL Server, Solusi Fleksibel untuk Perbankan

Jakarta - Serangan Big Data semakin nyata di tengah makin luasnya pemanfaatan teknologi informasi di berbagai sektor perusahaan, termasuk bidang perbankan yang memiliki tantangan terbesar.

Tren yang dikenal sebagai Big Data ini menjadi penting bagi perusahaan, terutama yang bergerak di layanan keuangan dan perbankan. Oleh karena itu setiap peningkatan kinerja dan perbaikan proses bisnis bisa menjadi daya saing yang penting.


Untuk menciptakan daya saing yang tinggi, salah satu mitra Microsoft, PT Decillion Solutions, memperkenalkan aplikasi MAPS (Modular Automated Processing System) yang dikembangkan menggunakan platform teknologi Microsoft Biztalk dan SQL Server.


Platform tersebut dipilih lantaran bisa melakukan Straight Through Processing (STP) terhadap format pesan SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication), yaitu standar komunikasi antar lembaga keuangan di seluruh dunia.


Aplikasi ini juga secara otomatis mendukung semua format baru SWIFT, sehingga diklaim bisa menghemat biaya dan mengurangi waktu pengembangan secara signifikan.


"Mengolah data perilaku pelanggan menjadi nilai penting yang harus dianalisa dalam mewujudkan visi dunia perbankan secara real-time. Pengembang aplikasi MAPS memilih platform Microsoft BizTalk dan SQL Server karena memiliki keunggulan mass-market power," kata Meisari Arvini Hidayati, Business Group Lead Application Platform, Microsoft Indonesia.


"Selain itu, BizTalk juga memungkinkan MAPS diintegrasikan dengan aplikasi back office yang ada, sehingga mitra seperti Decillion mampu menghadirkan solusi yang scalable, fleksibel, cost-effective serta dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan pelanggan dengan waktu implementasi yang singkat," tambah Meisari, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (19/7/2013).


Decillion Solutions merupakan Gold Certified Partner dari Microsoft dengan kompetensi ISV (integrated software vendor) yang memiliki pengalaman melakukan implementasi 'Software as a Service' (SaaS) dan solusi messaging keuangan di kawasan Asia-Pasifik.


Decillion saat ini mengoperasikan Layanan SWIFT (SWIFT Service Bureau) yang menghubungkan lebih dari 130 lembaga keuangan ke dalam jaringan SWIFT. Dengan transformasi Microsoft menjadi perusahaan device and services, kemitraan dengan ISV seperti Decillion merupakan penggerak penjualan dan layanan.


(eno/ash)