Jual 7,4 Juta Unit Lumia, Nokia Tetap Rugi

Jakarta - Nokia berhasil menjual 7,4 juta handset Lumia yang berbasis Windows Phone di kuartal II 2013. Jumlah tersebut adalah yang tertinggi dibanding kuartal sebelumnya, namun sayangnya vendor asal Finlandia ini masih tetap membukukan kerugian.

Penjualan total Nokia mencapai USD 7,45 miliar, turun 24% dari tahun sebelumnya. Mereka membukukan kerugian USD 150 juta, lebih rendah dari tahun sebelumnya yang mencapai USD 1,53 miliar.


Total pengapalan ponsel Nokia mencapai 62 juta di kuartal tersebut, turun dari jumlah 84 juta di tahun sebelumnya. Hal ini tak lepas dari melemahnya penjualan feature phone yang mengandalkan merek Asha.


Penjualan feature phone Nokia melemah terkait semakin banyaknya ponsel Android murah. Konsumen banyak yang lebih memilih Androi murah ketimbang feature phone besutan Nokia.


Penjualan Lumia meski semakin membaik dinilai masih belum cukup banyak. Analis menyatakan Nokia perlu membukukan penjualan sampai 10 juta unit agar kondisi keuangannya aman.


Agar lebih bertaji, Nokia belum lama ini merilis handset flagship Lumia 1020. Keunggulannya berada di sektor kamera yang beresolusi 41 megapixel.


"Produk ini memang fantastis. Namun masih perlu dilihat apakah Lumia 1020 cukup punya diferensiasi," kata Michael Walkley, analis di Canaccord Genuity yang dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (19/7/2013).


(fyk/ash)