Sistem Database-to-Storage Terbaru Oracle Bikin Sistem Efisien

Jakarta - Kompleksitas sistem pada banyak infrastruktur yang digunakan pengguna enterprise tentunya menghadirkan masalah tersendiri. Mulai dari konfigurasi yang rumit hingga biaya operasional yang tentunya juga tidak sedikit.

Oracle sebagai penyedia solusi management database berusaha menawarkan konfigurasi sistem yang lebih ringkas, cepat dan efisien lewat sistem database-to-storage terbarunya.


Mengandalkan solusi Oracle Database 12c yang dipadu dengan Oracle Sun ZFS Storage Appliance dan sistem penyimpanan Pillar Axiom, fitur-fitur yang dimilikinya memungkinkan Oracle Database mengoptimalkan kinerja database yang lebih optimal, menyederhanakan konfigurasi sistem penyimpanan serta provisi, dan secara cepat menciptakan lingkungan development serta uji teknis.


Pengguna Oracle Database 12c juga dapat mempercepat kinerja database pluggable Oracle Multitenant dengan menggunakan database NAS mengandalkan kinerja tercepat yang ditawarkan oleh Sun ZFS Storage Appliance.


Selain itu, fitur Automatic Data Optimization yang tersedia melalui Oracle Advanced Compression akan secara otomatis menyeimbangkan serta mengoptimalkan kinerja dengan pengurangan maksimal terhadap kebutuhan akan ruang simpan menggunakan teknologi kompresi data masif yang unik dan hanya dimiliki oleh sistem penyimpanan Oracle dengan Hybrid Columnar Compression (HCC).


Dukungan untuk Oracle Multitenant dan database yang pluggable juga memberi kemudahan untuk mensinkronisasikan backup, replikasi dan perawatan dari banyak database pluggable yang dijadikan entitas tunggal, sehingga memungkinkan dibuatnya lingkungan development serta uji teknis secara cepat dan migrasi yang singkat serta bebas resiko untuk lingkungan komputasi yang kompleks dengan banyak sekali database yang saling berelasi, sampai siap untuk fase produksi.


Oracle Database 12c juga memperkenalkan Oracle Intelligent Storage Protocol (OISP), yang memungkinkan database untuk berkomunikasi langsung dengan Sun ZFS Storage Appliance dan mengurangi kebutuhan akan proses administrasi dan provisi sebanyak 65 persen dengan menyesuaikan kinerja database secara dinamis dan otomatis.


OISP akan memungkinkan produk-produk penyimpanan Oracle di masa depan mengoptimalkan konfigurasinya sehingga mempercepat proses provisi dan secara otomatis menyesuaikan sistem penyimpanan untuk meningkatkan kinerjanya.


Ditambah lagi pengguna Oracle Database 12c juga bisa langsung memanfaatkan sistem penyimpanan kelas enterprise Pillar Axiom untuk proses provisi dan menyesuaikan penyimpanan terhadap aspek–aspek unik dari Oracle Database 12c.


Kombinasi QoS (Quality of Service) yang sudah dipatenkan milik Pillar Axiom, Storage Domains dan Application Profiles memungkinkan pengguna untuk melakukan provisi penyimpanan hanya dengan satu klik dengan pengaturan kinerja yang diprioritaskan untuk image Oracle Database 12c dan aplikasi yang berjalan di atas database tersebut.


Oracle mengklaim penggunaan QoS di Pillar Axiom serta OISP pada Sun ZFS Storage Appliance dapat memberi keuntungan tersendiri terutama jika digunakan dalam lingkungan Oracle Database 12c.

(yud/ash)