Tersetrum iPhone, Pria China Semaput

Beijing - Insiden kesetrum yang melibatkan ponsel Apple iPhone kembali terjadi. Setelah seorang pramugari meninggal dunia tersetrum saat melakukan panggilan di iPhone, kini insiden kedua membuat seorang pria menjadi koma.

Dikutip detikINET dari Shanghaiist, Jumat (19/7/2013), pria bernama Wu Jiantong yang tinggal di Beijing kolaps dan koma saat menghubungkan iPhone 4 miliknya denfan charger yang tersambung listrik.


"Dia berteriak terkena setruman dan kemudian terkapar ke lantai," kata saudara wanita Wu. Ketika mencoba melepaskan charger, dia juga tersetrum.


Beruntung pertolongan dokter cukup cepat. Jantung korban sempat berhenti berdetak, namun berhasil dipulihkan meski saat ini dalam keadaan koma dan mungkin mengalami kerusakan otak.


Belum jelas apa penyebab kasus ini. Namun menurut saudara korban, charger yang digunakan tidak asli buatan Apple sehingga mungkin ini yang menjadi faktor utama penyebab setruman fatal.


Sebelumnya, seorang pramugari di China bernama Ma Ailun juga meregang nyawa tersetrum saat menjawab telepon di iPhone 4 yang sedang diisi ulang. Apple dan aparat setempat sedang melakukan investigasi intensif.


Beberapa faktor diduga menjadi penyebab setruman fatal tersebut. Salah satunya penggunaan charger yang diduga tidak asli.


"Charger tidak asli kualitas kapasitor dan pelindung sirkuitnya mungkin tidak bagus, ini mungkin menyebabkan kapasitor rusak dan menghantarkan listrik 220 volt langsung pada baterai ponsel," ucap Xiang Lagang, pakar telekomunikasi setempat.


(fyk/ash)