Komunitas Dunia Maya Ngabubur-IT untuk Salurkan Kritik

Surabaya - Geliat komunitas diyakini bisa memberi dampak perubahan sosial melalui internet atau media sosial. Mulai dari persoalan pemerintah, pembahasan kurikulum pendidikan 2013 hingga kebutuhan internet bangsa Indonesia harusnya bisa gamblang diperdebatkan.`

Inilah salah topik yang dibahas oleh puluhan remaja penggiat komunitas di Surabaya saat menggelar Ngabubur-IT diskusi online dan mobile security. Mulai dari komunitas kaskus, blogger, earthour, Surabaya Punya Cerita dan lainnya unjuk gigi.


Yang membuat bahasan makin hangat, tentu saja kehadiran pemateri yang salah satunya adalah Onno Purbo. Pakar IT Indonesia ini pun mewanti-wanti komunitas yang mati suri.


"Siapa yang senang dengan pemerintahan sekarang, sudah ada yang mencoba menulis tentang pemerintah?," tanya Onno di hadapan peserta dan komunitas di salah satu ruangan Dapur Desa, Surabaya, Rabu (31/7/2013) petang.


Pertanyaan Onno pun disambut jawaban ya dan tidak dari peserta. Tak sedikit pula yang mengaku belum sempat menulis kritik, pendapat atau masukan kepada pemerintah melalui media sosial.


Onno menyadari, keberadaan komunitas itu penting. Namun, untuk menghidupi komunitas bukan hal gampang.


Bahasan kemudian beralih kepada bagaimana cara supaya sebuah komunitas dapat mengumpulkan dan menggerakkan massa.


"Bagaimana komunitas yang kecil bisa jadi besar? Caranya, bikin ada manfaat," cetus Onno.


Tak hanya itu, perwakilan Norton juga asyik membahas bab Retain Control Over Your Mobile. Bahasan tentang contacts backup and restore saat ponsel hilang menjadi begitu bermanfaat.


Norton sendiri tengah menggalakkan sosialisasi soal online mobile security. Salah satunya adalah lewat acara Ngabubur-IT hasil kolaborasi dengan ICT Watch, XL Axiata, serta turut didukung detikINET. Acara ini digelar di 5 kota dengan 5 topik berbeda.


Yakni Internet untuk Perubahan Sosial di Batam (22 Juli 2013), Internet untuk Edukasi Publik di Bandung (25 Juli 2013), Internet untuk Pengembangan UKM di Yogyakarta (28 Juli 2013), Internet untuk Gerakan Informasi Warga di Makassar (30 Juli 2013), dan Internet untuk Pengembangan Komunitas di Surabaya (31 Juli 2013).


Di acara ini pula Norton coba memamerkan aplikasi mobile security andalannya. Salah satu kemampuannya adalah 'scream', yang dapat membuat perangkat Anda 'berteriak' ketika terselip di suatu tempat sehingga dapat ditemukan.


Ada pula fitur 'location' untuk mengirimkan koordinat GPS di perangkat yang hilang, dan masih banyak lagi. Norton Mobile Security saat ini sudah ada di OS Android, iOS, dan Windows 8.


Berikut tips dan trik bagi pengguna agar dapat lebih memagari gadgetnya menurut Norton:


-. Memberi password di perangkatnya, supaya tidak digunakan oleh tangan jahil.

-. Hati-hati untuk koneksi WiFi di tempat asing.

-. Jangan menaruh password atau data sensitif di perangkat mobile.

-. Kalau ada link yg dari pesan broadcast, jangan langsung membukanya.

-. Pakai aplikasi resmi, jangan download dari sumber tidak resmi karena hanya gratis.

-. Gunakan aplikasi mobile security yang handal.


(nrm/ash)