Indosat Siapkan 258 Posko Mudik Lebaran

Jakarta - Tak mau ketinggalan dengan operator lainnya, Indosat turut menyiapkan posko mudik. Sebanyak 258 posko yang terdiri dari posko mudik dan posko penjualan layanan Indosat, disebar di sepanjang jalur mudik lintas Sumatera, Jawa dan Bali.

"Indosat menyediakan posko mudik Lebaran sebagai wujud apresiasi kami untuk para pelanggan setia Indosat serta memudahkan perjalanan mudik pelanggan, menunjang komunikasi selama perjalanan mudik dengan menyediakan berbagai produk dan layanan Indosat sekaligus sebagai lokasi beristirahat yang nyaman," ujar Group Head Marketing Communications Indosat, Andrini Novie Hastuti.


Selain kemudahan mendapatkan berbagai layanan Indosat, di posko ini pelanggan dapat menikmati minuman dan makanan kecil gratis.


Posko Mudik Lebaran yang didirikan Indosat antara lain:


-. Posko dan tenda lesehan mudik: Berada di titik-titik strategis jalur mudik. Indosat bekerjasama dengan Pertamina juga menyediakan tenda lesehan sebanyak 14 unit.


-. Posko mudik di lokasi pemberangkatan: Disebar di lokasi pemberangkatan atau pintu mudik di bandara, stasiun kereta api, terminal bus antar propinsi dan pelabuhan penyeberangan. Total posko di lokasi pemberangkatan sebanyak 17 unit.


-. Posko mudik di tempat keramaian sebanyak 74 unit ditambah dengan posko mudik di tempat pariwisata sebanyak 28 unit. Selain itu disediakan juga 50 team mobile selling di tempat keramaian umum.


-. Tim penjualan motorist: Tim penjualan bermotor yang akan menawarkan kartu dan voucher Indosat dengan radius area penjualan 20 - 40 km dari posko mudik yang berbasis di setiap posko mudik.


-. Posko kerjasama mitra Indosat: Indosat juga bekerjasama dengan beberapa mitra, memberikan undian lucky dip berupa merchandise menarik dari Indosat untuk pelanggan yang melakukan transaksi di mitra-mitra yang ikut bekerjasama. Total mitra yang bekerjasama sebanyak 100 oulet yang berada di daerah Jawa.


Selain menyediakan posko mudik Lebaran, Indosat juga menyelenggarakan program mudik bareng dengan anggota Indosat Commmunity & Anggota IOC, PT Pos Indonesia, dan komunitas Jawa Tengah.


Mengantisipasi kenaikan trafik, Indosat pun meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data.


Untuk kapasitas trafik suara menjadi 1.080 juta menit/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,45 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 150 Terabyte/hari. Secara nasional, hingga triwulan pertama 2013, Indosat melayani 55,9 juta pelanggan, dengan didukung total BTS yaitu 22.097.


Modernisasi Jaringan


Berbeda dengan tahun sebelumnya, upaya meningkatkan kesiapan jaringan Indosat menghadapi Lebaran, juga didukung dengan program modernisasi jaringan yang masih terus berlangsung. Modernisasi jaringan ini memberikan kekuatan sinyal, jangkauan yang lebih luas, dan layanan data yang lebih baik.


Salah satu site BTS yang telah dilakukan modernisasi jaringan adalah site di wilayah Kaliurang. BTS baru ini didesain khusus menggunakan teknologi terkini dan hemat energi.


Penempatan peralatan pemancar radio di tiang menara (atas) memberikan sinyal yang lebih kuat dan coverage yang lebih luas. Sementara penempatan perangkat lainnya di luar ruang memungkinan pemakaian daya listrik yang lebih hemat serta tidak membutuhkan ruangan khusus.


(ash/fyk)