Play Store Mulai Kalahkan App Store

Jakarta - Untuk pertama kalinya, Google Play Store berhasil mengalahkan App Store milik Apple dalam hal jumlah yang men-download di toko aplikasi online terkemuka tersebut.

Dari data yang dikeluarkan oleh App Annie terungkap bahwa saat ini jumlah pengunduh di Play Store 10% lebih banyak dari App Store. Walaupun soal jumlah keuntungan Apple masih lebih menghasilkan ketimbang Google.


Dikutip detikINET dari GSM Arena, Jumat (2/8/2013), satu-satunya kesamaan dari keduanya adalah jumlah yang men-download di Play Store dan App Store sebagian besar berasal dari aplikasi game.


Lebih rinci lagi, aplikasi game di App Store menguasai 75% trafik unduhan pengguna iDevice, bahkan Android jumlahnya bisa mencapai 80%.


Selain game, pemasukan Google Play Store berasal dari aplikasi travel. Sementara iOS sukses mengeruk keuntungan dari musik dan aplikasi jejaring sosial.


Amerika Serikat berada dalam daftar nomor satu negara penyumbang pengunduh bagi aplikasi Apple dan Google, termasuk Rusia yang masuk ke jajaran top 5 untuk negara dengan pendownload terbanyak.


(tyo/ash)