Samsung Garap Prosesor 8 Core Murni?

Jakarta - Samsung memang telah memiliki prosesor smartphone Exynox 5 Octa. Namun meski mengandalkan total 8 core, sejatinya prosesor yang mempersenjatai Galaxy S4 itu terdiri dari 2 prosesor 4 core berbasis Cortex-A7 dan Cortex-A15 yang berjalan sesuai kebutuhan sistem.

Nah, seperti halnya MediaTek yang telah lebih dulu mengembangkan prosesor 8 core. Samsung dilaporkan bakal menempuh jalur serupa. Bedanya, Samsung bakal tetap mengandalkan teknologi big.LITLE pada prosesor 8 core yang sedang dikembangkannya tersebut.


Anehnya, meski mengandalkan teknologi big.LITLE, seperti dilansir Economic Daily, Samsung bakal sepenuhnya memanfaatkan kedelapan core yang ada. Namun belum jelas bagaimana cara Samsung memanfaatkan teknologi big.LITLE yang disematkannya pada prosesor 8 core garapannya itu.


Sejemlah analis pun mengemukakan pendapatnya yang mengatakan bahwa Samsung tidak benar-benar serius dalam mengembangkan prosesor 8 core.


Sebab sementara produsen prosesor mobile lainnya fokus pada usahanya menghadirkan performa per core terbaik, Samsung dikatakan hanya mengembangkan prosesor 8 core sebagai gimmick untuk mendongkrak penjualan, bukannya menawarkan performa terbaik. Demikian seperti dikutip detikINET dari VR-Zone, Rabu (31/7/2013).


(yud/ash)