Penerus USB 3.0 Sodorkan Kecepatan 10 Gbps

Jakarta - Standar interface USB 3.0 memang mampu tampil mengesankan dengan tawaran kecepatan data mencapai 5 Gbps. Namun sepertinya kemampuan tersebut bakal segera disalip oleh standar USB terbaru yang disebut mampu menawarkan kecepatan data hingga dua kali lipatnya.

Mengusung versi 3.1 atau yang bakal popular dengan sebutan USB 3.1, standar baru interface USB ini diklaim sanggup menghantarkan data dengan kecepatan hingga 10 Gbps.


Ini artinya, hanya butuh waktu sekitar 8 detik untuk mengcopy file berukuran 10 GB. Tentunya kecepatan tersebut dapat tercapai dengan menancapkan perangkat yang juga telah mendukung standar USB 3.1.


Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (2/8/2013), pembesutnya yakni USB Promote Group dilaporkan bakal segera mengumumkan teknologi terbarunya tersebut dan diprediksi segera membanjiri pasar tidak lama setelahnya.


Selain itu, USB Promote Group juga tidak luput menyematkan dukungan kompatibilitas untuk perangkat USB versi sebelumnya. Namun tentunya terbatas pada kecepatan transfer yang didukungnya yakni maksimal 5 Gbps untuk USB 3.0 dan 480 Mbps untuk USB 2.0.


(yud/ash)