Brasil, Negara Penjual Smartphone dengan Harga Selangit

Brasil - Smartphone dengan segala kecanggihannya, wajar jika dibanderol dengan harga tinggi. Apalagi jika smartphone tersebut merupakan seri paling baru. Tapi di Brasil, harga smartphone bisa sangat mahal, jauh melebihi rata-rata harga di negara lainnya.

Contohnya saja jika Anda mengunjungi situs Mercado Livre. Ini adalah 'eBay' versi Brasil dan lebih banyak menawarkan gadget. Di situs lelang ini, ada banyak vendor yang menjual iPhone unlocked.


Harga yang ditawarkan untuk iPhone yang dilelang tersebut, rata-rata hampir USD 700 atau sekitar Rp 7 jutaan. Harga ini sekitar USD 100 lebih tinggi dibandingkan dengan yang dijual di negeri asalnya, Amerika Serikat.


Lebih mengejutkan, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (1/8/2013), Samsung Galaxy S4 yang rata-rata dijual di kisaran USD 600 atau Rp 6 jutaan, di Brasil bisa lebih dari USD 1.100 atau sekitar Rp 11 jutaan lebih.


Apa yang membuat harga smartphone di Brasil melambung tinggi? Hal ini lantaran pemerintah Brasil berupaya mengambil langkah-langkah untuk membendung inflasi. Namun suku bunga yang lebih tinggi dan pencabutan pajak hanya berdampak kecil. Kebijakan ini salah satunya berpengaruh terhadap harga smartphone.


Ironisnya, konsumen tetap ingin membeli smartphone dan kondisi ini memaksa mereka membeli barang elektronik selundupan di black market. Para penjual di pasar gelap ini pun dengan leluasa memanfaatkan kondisi untuk meraup untung.


Sulit mengukur seberapa besar black market di Brasil. Namun sejumlah bukti memperlihatkan, angkanya terus tumbuh. Data terakhir di 2011, tercatat ditemukan barang selundupan senilai USD 812 juta di bandara, perbatasan dan pelabuhan. Membuat angka pangsa pasar gelap naik 16% dari tahun sebelumnya.


(rns/ash)