Ini 'Lubang' Komputer yang Paling Sering Diincar Hacker

Jakarta - Ketika ingin menyusup ke dalam suatu sistem, peretas biasanya memanfaatkan jenis-jenis port tertentu yang bisa dipakai sebagai 'lubang'. Port manakah itu?

Berdasarkan laporan Akamai Technologies, salah satu perusahaan perantara penyedia konten web terbesar di dunia, serangan cyber di berbagai negara meningkat. Bahkan Indonesia kini menduduki peringkat kedua setelah China sebagai 'produsen' serangan cyber dunia.


Data tersebut memang masih perlu ditelusuri lebih dalam, karena bisa saja peretas asing menggunakan IP Indonesia untuk melakukan aksinya. Sehingga serangan itu dianggap oleh sistem Akamai dilakukan oleh peretas di Tanah Air.


Selain bisa mendeteksi dari negara mana saja serangan cyber terjadi, Akamai juga mengklaim mengetahui port mana saja yang paling sering digunakan para hacker untuk menyusup.


Port 445 (Microsoft-DS) tetap menjadi port yang paling banyak diincar selama kuartal pertama ini, terlihat dari 23% lalu lintas serangan yang diterimanya. Port 80 (WWW HTTP) berada di peringkat kedua dengan 14%, dengan mayoritas serangan berasal dari Indonesia.


Akamai juga menuliskan bahwa dari 177 negara yang mereka pantau, 10 di antaranya menghasilkan lebih dari 80% lalu lintas serangan selama kuartal pertama 2013. Lebih dari setengah dari keseluruhan serangan berasal dari China dan Indonesia, demikian bunyi keterangan yang diterima detikINET, Selasa (30/7/2013).


(eno/ash)