Diretas, Mobil Ini Disetir Kontroler Nintendo

Jakarta - Konsep drive-by-wire yang banyak diaplikasikan produsen mobil memang bakal memanjakan para pengemudi. Namun di balik itu, kemungkinan terjadinya ancaman hacking juga patut diwaspadai.

Komputerisasi pada seluruh sistem yang digunakan sebuah mobil yang memungkinkan terjadinya ancaman tersebut. Hal ini dibuktikan oleh dua orang security expert yang bekerja pada salah satu agensi keamanan di Amerika Serikat.


Charlie Miller dan Chris Valasek yang diketahui bekerja di DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) dilaporkan berhasil meretas sistem komputerisasi sebuah mobil. Menariknya, dengan sebuah notebook milik keduanya, mobil tersebut diubah kendalinya dari yang seharusnya melalui sebuah kemudi jadi memakai kontroler game.


Jadi, layaknya karakter James Bond pada filmnya yang berjudul Tomorrow Never Dies yang mengendalikan BMW miliknya lewat ponsel Sony Ericsson, kedua ahli keamanan itu pun melakukan hal sama. Bedanya, seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (30/7/2013), keduanya hanya mengandalkan sebuah kontroler game Nintendo lawas.


Apa yang berhasil dilakukan oleh kedua staf DARPA sekaligus Direktur Intelejen I/O Active dan Insinyur keamanan untuk Twitter ini pun membuktikan ucapannya terdahulu yang mengatakan bahwa terdapat banyak kerentanan pada sebuah mobil yang telah mengadopsi on-board computer.


(yud/ash)