Facebook Jejalkan Iklan Lewat Video 15 Detik

Jakarta - Pengguna Facebook akan melihat lebih banyak iklan dalam media yang bervariasi. Raksasa jejaring sosial ini berencana segera menjejalkan iklan dalam bentuk video berdurasi 15 detik.

Sebelumnya Facebook memang sudah mengumumkan rencananya ini. Sebagai dampaknya, sebagian pengguna mungkin akan terganggu dengan kemunculan iklan video. Apalagi iklan video akan muncul di newsfeed.


Tapi yang jelas, seperti detikINET kutip dari Vator, Jumat (2/8/2013), cara ini akan menambah pundi-pundi pemasukan bagi Facebook. Untuk memasang satu video iklan, pengiklan harus membayar hingga USD 2,5 juta per hari.


Facebook tampaknya memang bermaksud memaksimalkan pendapatan iklan, dengan menjual video bergaya iklan TV di situsnya. Dalam laporan pendapatan terbarunya pekan lalu, Facebook mendulang pendapatan dari iklan sebesar USD 1,6 miliar. Angka ini sekitar 88% dari total pendapatannya. Tercatat kenaikan 61% dari kuartal yang sama di tahun sebelumnya.


Dalam menyasar audiens, video ini akan bersifat autoplay sehingga orang mudah melihatnya. Sumber lain AdAge melansir, tujuan Facebook adalah menarik para pengiklan yang biasanya memasang iklan mereka di TV.


Facebook sebenarnya sudah punya video iklan di sidebar situs dan news feed, namun sifatnya tidak autoplay. Para pengiklan sendiri belum benar-benar memanfaatkan fitur yang satu ini.


(rns/rou)