Tablet Nokia Dipersenjatai 'Otak' Snapdragon 800?

Jakarta - Lama terkubur, isu mengenai kehadiran tablet PC besutan Nokia kembali mencuat. Bocoran terbaru mengungkap Nokia sedang mengembangkan sebuah perangkat yang mengusung tipe RX-114.

Berbeda dengan isu terdahulu yang menyebutkan tablet Nokia mungkin akan dipersenjatai Nvidia Tegra, rumor kali ini menepis dugaan tersebut dan mengungkap kemungkinan bahwa perangkat ini akan mengandalkan Snapdragon 800 sebagai prosesornya.


Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah hasil benchmark menggunakan GFXbench, yang mana pada hasil benchmark tersebut terlihat RX-114 mengandalkan Adreno 330 sebagai pengolah grafisnya. Seperti diketahui, Adreno 330 terintegrasi dalam chip prosesor Snapdragon 800.


gfxbench nokia tablet


Bocoran lain seperti dilansir Phone Arena adalah penggunaan layar yang telah mendukung resolusi sebesar 1371x771 pixel. Ini artinya kemungkinan besar RX-114 mengandalkan sistem operasi berbasis Windows RT, mengingat resolusi yang digunakan sama dengan yang diadopsi oleh Microsoft Surface yakni 1366x768 pixel.


Namun yang menarik seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Rabu (31/7/2013), konon Nokia akan mengembangkan sendiri sistem operasi bagi perangkat tabletnya tersebut. Hanya saja perusahaan asal Finlandia itu masih akan mengambil basis Windows 8 dan konon akan menyebutnya sebagai Windows 8 Tablet.


(yud/ash)