Ngabubur-IT, Menunggu Waktu Berbuka Sambil Belajar IT

Jakarta - Internet Sehat kembali menggelar acara Ngabubur-IT. Ini bukan aktivitas biasa sembari menunggu waktu berbuka loh, melainkan juga bisa berburu ilmu terkait teknologi informasi terkini.

Ngabubur-IT adalah program rutin Internet Sehat sejak 2010 yang digelar setiap bulan Ramadan. Pada tahun ini Ngabubur-IT mengangkat tema 'Online Mobile Security' dan 5 topik berbeda di 5 kota.


Pemilihan tema Online Mobile Security dipicu oleh pertumbuhan pengguna smartphone/tablet yang semakin menjadi tren. Survei MarkPlus Insight 2012 menyebutkan bahwa 58 juta orang atau 95% pengguna internet di Indonesia tahun 2012, menggunakan perangkat mobile. Tentu tren harus diimbangi dengan pengetahuan tentang privasi dan keamanan dalam berinternet secara mobile.


Sedangkan 5 topik berbeda yang akan dibahas adalah: 1. Internet untuk Perubahan Sosial di Batam (22 Juli 2013); 2. Internet untuk Edukasi Publik di Bandung (25 Juli 2013); 3. Internet untuk Pengembangan UKM di Yogyakarta (28 Juli 2013); 4. Internet untuk Gerakan Informasi Warga di Makassar (30 Juli 2013); dan 5. Internet untuk Pengembangan Komunitas di Surabaya (31 Juli 2013).


Ngabubur-IT 2013 akan menghadirkan narasumber yang pantas di bidangnya masing-masing. Ada Onno W. Purbo, Shita Laksmi, Heru Tjatur, Donny BU, Rapin Mudiardjo, Indriyatno Banyumurti, dan narasumber lain dari komunitas setempat maupun dari pendukung program ini, Norton, XL, dan IDC Indonesia.


Program yang bersifat terbuka, gratis dan didukung oleh detikINET ini sejalan dengan program komunitas di 5 kota. Karena itu internet sehat menjalin kerjasama program dengan kelima komunitas berpengaruh di kotanya masing-masing.


Di Batam bersama Relawan TIK Kep. Riau, Bandung dengan Commonroom dan Blogvaganza, Yogyakarta dengan Media Komunitas Angkringan, Makassar dengan Komunitas Blogger Makassar, dan Surabaya dengan Komunitas Kopdar Surabaya.


Anda yang berada di antara 5 kota tersebut, bisa ikutan Ngabubur-IT. Silakan hubungi penyelenggara setempat. Informasi lengkapnya bisa baca di internetsehat.org.


Dimulai dari Batam


Pada Senin (22/7/2013) kemarin petang, berbagai komunitas online di Batam berkumpul kantor IDC Batam, yaitu di Gedung Sumatera Convention Center. Mereka menunggu saat berbuka puasa bersama Tim Ngabubur-IT dari ICT Watch, Jakarta. Ini merupakan tahun keempat untuk pelaksanaan program Ngabubur-IT dengan tema Online Mobile & Privacy.


Internet Data Center (IDC) menyambut baik program Ngabubur-IT dari ICT watch dengan menyediakan tempat acara beserta makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Sebagaimana IDC di Jakarta, kantor IDC Batam dan kota lainnya selalu menyediakan fasilitas publik untuk bisa mengakses internet dengan lancar dan nyaman. Dalam sambutannya, Bambang mewakili IDC Batam mengundang publik untuk memanfaatkan fasilitas yang mereka sediakan.


Mengawali diskusi santai menunggu saat berbuka puasa, Rita Nurtika selaku Country Sales Manager Indonesia.membahas cybercrime dan bagaimana mengantisipasinya. Terutama saat tren berinternet beralih pada perangkat mobile, risiko yang mengancam pengguna smartphone kian marak. Norton menyiapkan 4 jenis produk dengan Norton 360 sebagai produk yang tepat dan fleksibel karena multi platform dan multi device.


Sesi diskusi difasilitasi oleh Indriyatno Banyumurti (Ketua Relawan TIK Indonesia) mendampingi dua narasumber. Topik yang diangkat tentang Internet untuk Perubahan Sosial.


Shita Laksmi (SEATTI) memaparkan progres yang dicapai tentang Transparansi Publik dalam lembaga pemerintahan di Indonesia. Sedangkan Hendi Sama (Ketua Relawan TIK Kepri) mengupas perubahan sosial yang terjadi di Batam terkait pengaruh internet.


Usai dari Batam, tim Ngabubur-IT bersiap menuju 4 kota lainnya, Bandung, Yogyakarta, Makassar, dan akan berakhir di Surabaya.


(ash/ash)