Dogecoin Kuntit Fenomena Bitcoin

Jakarta - Digital currency atau yang lebih popular dengan sebutan cryptocurrency makin ramai dibicarakan sejak kesuksesan yang diraih Bitcoin.

Memang tak ada yang menyangka bila 1 Bitcoin yang dulunya hanya dihargai senilai USD 12 kini terdongkrak gila-gilaan hingga menembus angka di atas USD 1.000.


Maraknya penggunaan mata uang digital oleh banyak toko online memang disebut-sebut sebagai faktor terkuat penyebab meningkatnya nilai tukar Bitcoin tersebut.


Berusaha menuai kesuksesan yang sama, kini muncul digital currency lain dengan sebutan Dogecoin. Dibanding Bitcoin, setiap 1 Dogecoin memang belum ada apa-apanya karena hanya senilai USD 0,00025.


Namun mengingat Bitcoin juga mengalami hal yang sama di awal-awal kehadirannya, bukan tidak mungkin Dogecoin juga akan meraih kesuksesan seperti halnya Bitcoin.


Pun demikian, seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Rabu (18/12/2013), sejumlah analis menyebutkan nilai Dogecoin tak akan dapat menyamai Bitcoin. Hal tersebut dikarenakan Bitcoin dibatasi perputarannya hanya sebanyak 21 juta Bitcoin saja. Karena terbatas, nilainya pun cenderung tinggi.


Sedangkan perputaran Dogecoin justru jauh lebih melimpah karena mencapai 100 miliar Dogecoin. Hal inilah yang disebut-sebut membuatnya bernilai lebih rendah dibanding Bitcoin.


Namun analis juga mengatakan prediksi tersebut masih dapat berubah bergantung pada popularitas keduanya di masa depan.


Artikel Terkait:

-. Bitcoin, e-Money yang Bikin Geger Dua Dunia

-. Dari Iseng Malah Untung Rp 45 Juta per Hari

-. Transaksi Bitcoin, Dari Sewa Pembunuh Bayaran Sampai Narkoba

(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!