Kaspersky: 4,6 Juta Malware Incar Gamer

Jakarta - Kaspersky menilai pada tahun 2013 ini banyak sekali serangan yang ditujukan untuk gamer. Bahkan konon, malware yang dirancang untuk para penggila game ini mencapai 4,6 juta.

Ya, saat ini Kaspersky Lab mengetahui 4,6 juta malware yang fokus untuk game, dengan jumlah total serangan yang dihadapi gamer mencapai 11,7 juta serangan di seluruh dunia.


Rata-rata, setiap hari pengguna mengalami 34 ribu serangan terkait malware game. Menjelang Natal, di mana ratusan ribu orang berharap menerima game sebagai hadiah Natal, serangan pun disinyalir bakal meningkat.


Gamer Rusia menjadi yang paling tinggi terkena serangan karena peretas melakukan 8.813.050 percobaan serangan terhadap gamer Rusia terhitung sejak 1 Januari hingga Desember 2013.


Vietnam berada di tempat kedua dengan 503.947 percobaan serangan diikuti oleh China dengan 376.058 usaha serangan. Seperti yang tertulis dalam keterangan yang diterima detikINET, Minggu (22/12/2013).


Jenis-jenis malware menyasar game tertentu seperti Minecraft yang sangat populer. Awal tahun ini, tools Minecraft palsu yang dibuat menggunakan Java menjanjikan para pemain kekuatan, misalnya kemampuan menghadang pemain lain, namun di balik itu, tools ini mencuri username dan password.


Ketika Grand Theft Auto V diluncurkan awal tahun ini, berbagai situs menawarkan unduhan palsu untuk mengakses game dengan gratis. Namun ketika pengguna mencoba mendapatkan game tersebut, mereka malah mendapat malware.Next


(eno/tyo)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!