SMS Pertama di Dunia Kini Sudah Berumur 21 Tahun

Jakarta - Short Message Service (SMS) atau pesan singkat begitu booming sebelum datangnya layanan instant messaging. Walau pesonanya terus memudar, namun SMS masih jadi andalan pengguna ponsel saat ini.

Nah, tahukah Anda bahwa 3 Desember tahun 1992 untuk pertama kalinya SMS dikirimkan ke antar perangkat. Memang bukan pesan yang dikirimkan untuk hal yang komersial sebagai bagian dari layanan ponsel.


Seperti yang dikutip detikINET dari Business Insider, Rabu (4/12/2013), dalam sejarahnya insinyur asal Kanada Neil Papworth mengirimkan SMS ke Direktur Vodafone Richard Jarvis dari komputer menggunakan jaringan seluler operator tersebut.


Beberapa ahli percaya bahwa SMS yang dikirimkan oleh Papworth tersebut merupakan pesan teks pertama di dunia. Mau tau isinya? Ternyata isinya sangat sederhana: "Merry Christmas".


Bila Papworth mengirimkan SMS ke Jarvis menggunakan komputer, maka pesan SMS yang diterima menggunakan ponsel portable bernama Orbitel 901. Dari sinilah asal muasal SMS akhirnya menjadi layanan komersial yang menghubungkan banyak orang.


(tyo/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!