Bantu Pengunjung Toko, Apple Rilis iBeacon

Jakarta - Software ini akan menuntun pengunjung ke Apple Store terdekat. Dan ketika sudah menjejakkan kaki ke dalam toko, software ini juga akan memandu pengunjung mengenal lebih baik produk-produk Apple.

Inilah software yang baru saja diumumkan perusahaan Cupertino tersebut. iBeacon, sebuah software pemandu yang bekerja melalui Bluetooth.


Teknologi di dalamnya memungkinkan lokasi pengunjung terlacak, berkat keberadaan transmitter Bluetooth yang tersembunyi di bawah rak-rak dan meja display.


Saat pengguna iOS masuk ke toko, ia akan diberi notifikasi mengenai hardware yang sedang dijajal, termasuk juga menunjukkan fitur-fitur apa di dalamnya.


iBeacon juga bakal memberitahu pengguna saat pesanan mereka sudah bisa diambil, hingga menyarankan untuk melakukan upgrade piranti, demikian dikutip dari ZDNet, Sabtu (12/7/2013).


iBeacon tersedia di iPhone, iPad atau iPod Touch yang menjalankan iOS 7. Pengguna diwajibkan memiliki app Apple Store di gadgetnya dan mengaktifkan Location Service terlebih dulu untuk bisa menerima notifikasi in-store.


Software ini dites pertama kalinya di Apple Store yang berlokasi di Grand Central Terminal, New York. Apple dilaporkan sudah menggunakan iBeacon ini di 254 toko yang tersebar di wilayah Amerika Serikat.


(sha/sha)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!