Foto Human Interest Jadi Jawara Kontes FotoStop 'Hujan'

Jakarta - Bagi Airlanggajati, foto human interest merupakan foto yang sarat cerita. Kegemarannya dalam membidik foto bergenre ini akhirnya membawanya menjadi pemenang kontes FotoStop detikINET bulan November dengan tema Hujan.

Ia memberi judul fotonya 'Hujan Menemani Ketika Pulang'. Foto ini diambil di kawasan Tawangmangu, sebuah kawasan wisata di lereng barat Gunung Lawu. "Tak butuh modal banyak untuk membuat foto human interest, namun dari foto itu ada yang bisa diceritain," ujarnya.


Menggunakan kamera DSLR Nikon D90, remaja berusia 19 tahun yang berdomisili di Bandung ini ini sengaja menggunakan shutter speed lambat untuk mendapatkan efek hujan. Hasilnya, foto terlihat cukup dramatis.


Enche Tjin, fotografer profesional mengatakan, "Foto ini memang tidak sempurna secara komposisi, misalnya banyak elemen yang mengganggu seperti kabel listrik dan posisi subjek agak membelakangi".


"Tapi saya bisa merasakan mood/suasananya. Hujannya sangat deras dan subjek fotonya terlihat bergegas keluar dengan kecepatan tinggi. Gerakan subjek foto yang terlihat dari kakinya ini memberikan energi ke dalam foto tersebut," tambahnya saat memberikan penilaian terhadap foto tersebut.


Atas kemenangannya ini, Airlanggajati berhak menerima hadiah Rp 500.000 dari detikINET. Selamat!


*******************************************************

Buktikan Kemampuan Anda dalam Tema Selanjutnya: JOY



Ingin membawa pulang hadiah serupa? Siapkan kamera Anda untuk mengabadikan momentum-momentum yang merefleksikan kegembiraan dan kirimkan ke link berikut untuk berkesempatan menyabet gelar jawara. Have fun!




(sha/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!