'Orang Indonesia Suka yang Besar-besar'

Bekasi - Teknologi layar digital memang tengah mengacu pada tren ukuran yang semakin lebar dan besar. Tak hanya layar di ponsel saja, di segmen TV pun demikian. Kata LG, konsumen Indonesia memang lagi suka yang besar-besar.

LG, sama halnya dengan produsen lain, ikut berlomba-lomba menawarkan produk terbaiknya dengan ukuran layar lebar yang ditunjang berbagai fitur ciamik sebagai daya pikat.


Untuk TV, fitur ciamik yang dimaksud biasanya hadir dalam balutan smart TV hingga kemampuannya yang mampu menawarkan tampilan 3D. Belum lagi berbagai konektivitas yang ditawarkan, membuat produk TV saat ini juga dapat berkomunikasi dengan perangkat lain di sekitarnya.


Namun di balik segala kelebihannya, ada hal unik yang berlaku di pasar penjualan TV di Indonesia. Diungkap Dedik, salah satu staf LG Electronics Indonesia, pengguna TV di Indonesia ternyata lebih mementingkan ukuran ketimbang fitur yang ditawarkan.


"Pengguna Indonesia unik. Berdasarkan pengalaman kami, ukuran layar yang semakin lebar lebih penting ketimbang fitur. Jadi anggapannya, semakin lebar ya semakin premium,” ujarnya di sela kunjungan pabrik perakitan LG di Bekasi.


Hal ini pun bertolak belakang dengan keinginan pengguna di belahan dunia lain, misalnya di daratan Eropa. Menurut Dedik, pengguna di benua biru itu justru lebih menginginkan fitur yang berlimpah ketimbang cuma ukuran layar yang lebar.


"Kalau di Eropa, penggunanya justru lebih fokus pada fitur yang ditawarkan. Karena mereka umumnya memang akan menggunakan fitur-fitur yang ada secara maksimal," tambahnya.


Pun begitu, ia melihat hal semacam ini hanya dinamika yang memang ada dalam tiap market. Dikatakannya lagi, justru hal semacam inilah yang akan membantu produsen untuk menghadirkan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan di tiap negara.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!