Microsoft Kembangkan Kutang Pintar

Jakarta - Di masa depan, punya smartphone, smartglasses dan smartTV saja tampaknya tidak cukup. Perangkat pintar bisa semakin merambah ke area personal dan intim, salah satunya dengan kemunculan smart bra alias kutang pintar.

Ya, jika bra biasa hanya digunakan sebagai penyangga payudara, smart bra tentunya punya fungsi lain dengan sentuhan teknologi dibenamkan di dalamnya. Adalah para peneliti di Microsoft yang mengembangkan prototype wearable gadget ini.


Pada bra, dibenamkan sensor psikologis. Sensor ini nantinya mendeteksi aktvitas jantung dan kondisi emosional si wanita yang memakainya. Dimaksudkan untuk mengontrol diet, bra akan mengirimkan peringatan ke smarthone si pemakai untuk tidak makan berlebihan.


"Pertama, kami memerlukan pendeteksi yang tetap nyaman digunakan dalam waktu lama. Bra adalah pendeteksi yang ideal karena memungkinkan aplikasi mengumpulkan data elektrokardiogram di sekitar jantung," demikian tulis tim peneliti, seperti detikINET kutip CNN, Kamis (5/12/2013).


Bukan tanpa sebab mereka membuat bra pintar ini. Para peneliti menemukan bahwa banyak orang mengkonsumsi makanan berkalori dan berlemak tinggi ketika mereka merasa tertekan, bosan atau patah hati.


Sayangnya, tim ilmuwan di Microsoft belum berencana membuat bra pintar ini menjadi produk komersial. Sejumlah pengembangan masih perlu dilakukan untuk membuat bra ini cukup nyaman dan normal digunakan.


(rns/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!