Android Paling Laris Tapi Apple Paling Untung

Jakarta - Dengan jumlah produsen mencapai ratusan, bukan hal mengejutkan bila Android mampu mendominasi pasar smartphone, jauh meninggalkan iPhone. Namun meski mendominasi, soal profit ternyata Apple jauh meninggalkan yang bisa dicapai perangkat Android.

Berdasarkan laporan yang dirilis Canaccord, pada kuartal IV tahun 2014 lalu Apple mendominasi persentase profit penjualan smartphone global sebesar 88,7%. Angka tersebut jauh meninggalkan perangkat Android yang persentase profitnya cuma 11,3%. Padahal secara volume penjualan, perangkat Android jauh lebih mendominasi.


Menariknya, persentase profit yang dicetak Apple itu meningkat lumayan signifikan dibanding periode yang sama tahun 2013. Saat itu persentase profit Apple sebesar 70,5%, sedangkan Android persentase profitnya 29,5%. Artinya profit penjualan ponsel Android malah turun di tahun 2014.


Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Jumat(27/2/2015), analis menyebut turunnya persentase profit ponsel Android dikarenakan makin banyaknya produsen yang mulai menawarkan ponsel Android harga terjangkau. Yang mana dengan harga yang makin terjangkau, profit yang didapat pun semakin berkurang.


Sedang Apple, meski sempat coba menawarkan iPhone lebih murah melalui iPhone 5C, sejatinya perusahaan Cupertino ini masih tetap bertahan di jalurnya yang menawarkan ponsel premium. Sehingga profit yang diperoleh tetap tinggi. Ditambah lagi Apple juga baru saja merilis iPhone 6 Plus yang harganya terbilang menjulang.




Dengan persentase profit sebesar 88,7% itu, Apple pun berhasil mengantongi keuntungan hingga USD 18,8 miliar pada kuartal IV tahun 2014. Sementara ponsel Android yang persentase profitnya hanya 11,3%, anjlok jadi USD 2,4 miliar. Padahal di periode yang sama tahun 2013, keuntungan penjualan ponsel Android secara global mampu mencetak angka USD 4,8 miliar.


(yud/fyk)