Selfie Ibu Menyusui yang Bikin Kontroversi

Jakarta - Belakangan ini marak tren selfie baru, yaitu para ibu menyusui ramai-ramai memotret diri sendiri kemudian mempostingnya di media sosial. Tentu saja aksi tersebut bikin kontroversi.

Fenomena tersebut terjadi di Inggris dan dijuluki sebagai brelfie atau breastfeeding selfie. Banyak ibu-ibu di sana menjepret dirinya sendiri sedang menyusui kemudian memajangnya di Twitter, Facebook atau Instagram.


Beberapa orang menilai hal itu tak pantas dilakukan karena mengumbar hal pribadi di depan umum. Tapi tak sedikit pula yang mendukung dengan mengatakan menyusui adalah hal natural dan tidak seharusnya diartikan lain.


Tren ini antara lain dipicu para selebriti yang memposting diri mereka tengah menyusui. Sebut saja Miranda Kerr, Giselle Bundchen sampai Gwen Stefanie.


Sebenarnya jejaring sosial seperti Facebook melarang postingan ibu menyusui dan terkadang mengapus foto semacam itu. Seperti yang dialami oleh Kaya Wright, seorang ibu asal Liverpool. Tapi ia protes terhadap kebijakan Facebook itu.


"Facebook mengatakan kalau fotoku itu mengandung ketelanjangan. Tapi tidak terlihat apapun yang porno di sana kok," protes Kaya.


Dikutip detikINET dari Mirror, Kamis (26/2/2015), banyak yang mendukung Kaya. Bahkan menurut sebuah survei setempat, 19% ibu sudah pernah mengambil foto selfie sedang menyusui.


Beberapa ibu ada yang tak setuju terhadap tren itu. "Fenomena ini seperti mengumbar ketelanjangan," kata seorang ibu bernama Angela.


(fyk/rns)