Teka-teki Sony di Barcelona

Jakarta - Meski disebut berencana menjual divisi ponsel dan televisi, Sony sepertinya belum berhenti menunjukkan inovasi. Perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2015 kemungkinan bakal jadi saksinya, karena perusahaan Jepang ini baru saja menebar teka-teki soal calon gadget terbarunya.

“Slimmer, lighter, brighter,” demikian ungkapan Sony melalui pengumuman yang baru disampaikannya beberapa saat lalu. Meski tak ada informasi tambahan soal produk yang akan diluncurkan, sejumlah dugaan langsung mengarah ke Xperia Z4.


Apalagi Sony juga menunjukkan sebuah teaser yang gambarnya berisi sebuah ponsel mirip Xperia Z3 yang tengah dipegang. Dari bocoran-bocoran yang sempat beredar, pakem desain Xperia Z4 memang disebut tak akan banyak berubah dari pendahulunya itu.


Tapi bila diperhatikan pada teaser tersebut, kelihatannya perangkat yang dipegang punya bentang layar yang cukup besar, sepertinya berada di kisaran tablet. Memperkuat dugaan ini, beberapa hari lalu sempat bocor juga sebuah perangkat yang diduga sebagai Xperia Z4 tablet.


Jadi apakah artinya Sony akan merilis dua varian Xperia Z4 sekaligus? Tentu soal ini baru akan terbukti di Barcelona nanti saat gelaran MWC 2015. Tapi pastinya kedua perangkat disebut akan menyodorkan layar resolusi QHD (2560x1440 pixel).


Sedangkan soal jeroan sepertinya tak akan jauh berubah dibanding pendahulunya. Perbedaan hanya terletak di prosesornya yang kemungkinan sudah memakai Snapdragon 810 yang berteknologi octa core dan sudah mendukung komputasi 64 bit.


(yud/fyk)