Pilihan Gender Facebook: Jadi Alien Juga Bisa

Jakarta - Saat melengkapi profil di Facebook, pasti ada pertanyaan soal gender penggunanya. Biasanya jawaban yang tersedia adalah pria atau wanita. Tapi kini pengguna jejaring milik Mark Zuckerberg itu bisa memilih selain itu, bahkan jadi alien sekalipun.

Jangan berpikir macam-macam dulu, karena memilih selain opsi pria dan wanita bukan berarti ada pilihan disorientasi sekual seperti kaum homo dan lesbi. Jadi fitur baru Facebook memungkinkan penggunanya menuliskan gendernya sendiri secara manual.


Praktis, apa saja bisa ditulis oleh pengguna. Terserah mau menulis gender sebagai alien maupun robot pun bisa dilakukan.


Sementara itu terkait polemik penyuka sesama jenis, analis menyebut fitur Facebook kali ini secara tidak langsung juga telah melegalkan hal tersebut. Walaupun dari Facebook sendiri tak ada pernyataan soal hal tersebut.



Penasaran ingin menjajalnya? Caranya sangat gampang, pengguna tinggal masuk ke halaman profil milikinya, kemudian di opsi gender pilih ‘Custom’. Selanjutnya tinggal isi gender yang diinginkan dengan mengetiknya secara manual.


Namun seperti detikINET kutip dari The Next Web, Jumat (27/2/2015), fitur ini baru bisa dirasakan pengguna di wilayah Amerika Serikat. Belum ada informasi soal kehadirannya di negara lainnya, termasuk Indonesia.


Tapi meski bakal jadi bahan becandaan, fitur ini kemungkinan bakal absen di Indonesia. Karena secara tidak langsung bisa dianggap membolehkan gender selain pria dan wanita di Indonesia, atau lebih tepatnya menyasar ke kaum penyuka sesama jenis.


(yud/rou)