Ketika Pahlawan Super Genit, Usil dan Kekanak-kanakan

http://us.images.detik.com/content/2015/02/27/1277/hrjo.jpgEdy Hardjo (dok. pribadi)


Jakarta - "Super hero juga manusia," ya kira-kira begitulah pesan tersirat saat melihat gaya tak biasa dari para pahlawan super lewat kreasi jepretan Edy Hardjo.

Anda pasti tak pernah membayangkan Hulk, Wolverine, Spider-Man, Thor, Iron Man, sampai Superman berperilaku layaknya bocah. Mereka bermain pemainan tradisional dampu, usil tak karuan, sampai saling mengintip ketika buang air kecil.


Ya, hal-hal nyeleneh tersebut pastinya tak akan Anda temui di film ataupun di komik. Tapi kelakuan ini bisa divisualisasikan secara apik nan menggelitik melalui hasil karya foto Edy.


Adapun obyek yang digunakan bukanlah model superhero sungguhan, melainkan memanfaatkan koleksi action figure untuk mewujudkan ide gila tersebut.



Edy memaparkan, ide kreatif pemotretan sisi lain para superhero ini berawal dari hobi fotografi dan mengumpulkan action figure superhero skala 1/6 yang digelutinya. Figur-figur ini dianggap sangat cocok untuk dijadikan sebagai model pemrotetan.


"Awalnya memang sekadar foto pose gaya biasa, sama seperti foto-foto superhero lain yang banyak beredar di mana-mana. Saya mulai berpikir bagaimana caranya supaya karya saya bisa 'berbeda' dari yang lainnya," tuturnya kepada detikINET.

Next


(ash/ash)