AS Protes, Samsung Jadi Bikin Pabrik Ponsel di Indonesia?

Jakarta - Protes keras dilancarkan kubu Amerika Serikat terkait kebijakan smartphone 'made in Indonesia'. Lantas bagaimana dengan Samsung, akan ikut bergabung dengan kubu negeri Paman Sam atau tetap melanjutkan rencananya bikin pabrik ponsel di Indonesia?

Samsung, sebelum keluar protes dari AS, sebelumnya memang sempat memutuskan untuk tidak membangun pabrik ponsel di Indonesia kala tidak dicapainya kesepakatan dengan pemerintah soal benefit pajak dan sebagainya.


Namun, seiring berjalannya waktu akhirnya Samsung pun berubah pikiran. Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu pun dikabarkan berencana untuk membangun pabrik perakitan ponselnya di Indonesia demi memenuhi aturan tentang tingkat kandungan lokal dalam negeri (TKDN) yang diwajibkan minimal 40% sejak 1 Januari 2017 mendatang.


Terkait lokasinya sendiri, Mahendra Siregar, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan jika pabrik ponsel Samsung itu terletak di kawasan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik itu kabarnya bakal digunakan oleh Samsung sebagai basis produksi seluruh ponsel Samsung yang dijual di Indonesia.


Hal ini kemudian dibenarkan oleh Dirjen Industri Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi beberapa waktu lalu. "Jadi, tapi dia (Samsung) cuma tambah line produksi saja. Selama ini kan lini produksi Samsung itu baru TV, audio, kulkas, mesin cuci. Sekarang mereka tambah lini produksi ponsel," ujar Budi.


Kendati pemberitaan mengenai rencana Samsung mendirikan pabrik ponselnya di Indonesia sudah marak beredar, namun sayangnya pihak Samsung sampai saat ini masih memilih untuk irit bicara.


"Wah, kita belum bisa ngomong soal pabrik itu. Pokoknya akan kami sounding ketika sudah waktunya," ujar Berdhianto Priyotomo, Product Marketing of Mobility Enterprise Business, PT Samsung Electronic Indonesia ketika ditemui detikINET, Kamis (26/2/2015).Next


(rou/rou)