'Pengguna iOS Lebih Setia Ketimbang Android'

Jakarta - Sejumlah survei kerap mengungkapkan sisi menarik dari kebiasaan pengguna platform mobile, tak terkecuali untuk dua platform populer saat ini, iOS dan Android.

David Wayne Ika, CEO aplikasi pembaca konten Kurio, juga menemukan fakta menarik mengenai perilaku pengguna iOS dan Android. Dikatakannya, pengguna iOS lebih setia ketimbang pengguna OS robot hijau.


Jangan berprasangka buruk dulu, yang dimaksud setia di sini adalah setia menggunakan aplikasi yang sudah mereka download.


"Pengguna Android meski secara volume lebih banyak dari iOS, mereka menghabiskan sedikit waktu memakai aplikasi. Kalau secara engagement lebih lama iOS," ujarnya saat mengobrol dengan sejumlah media di Pacific Place.


Kurio yang dirilis pada Januari 2014, saat ini sudah mencapai 100 ribu download. Sebanyak 75% penggunanya adalah Android dan 25% sisanya iOS.


"Gak tahu kenapa ya. Saya kemudian ngobrol dengan teman-teman startup yang buat aplikasi ternyata kecenderungannya demikian dan saya alami sendiri di Kurio," sebutnya.


Dikatakannya pengguna Kurio di Android paling lama menghabiskan waktu 6 menit. Sementara pengguna Kurio di iOS, mereka 50% lebih lama. Rata-rata setidaknya 9 menit.


"Katanya behaviornya seperti itu. User memang susah untuk download tp begitu download mereka setia pakai. User Android mudah sekali menginstal aplikasi. Gak suka mereka delete. Ada aplikasi baru mereka instal lagi," ujarnya.


(rns/rou)