Harga iPhone Mahal, Bos Google Kecam Apple

Jakarta - Harga iPhone terbilang mahal dibandingkan smartphone pesaing. Menurut Sundar Pichai, Head of Product Google, tidak seharusnya sebuah produk atau layanan dihargai mahal jika bisa murah atau bahkan cuma-cuma.

"Sedikit tidak bertanggungjawab jika mengatakan semua hal harganya harus sampai beberapa ratus dolar sebagaimana kebanyakan produk Apple," sindir Pichai seperti dilansir Cnet dan dikutip detikINET, Kamis (27/2/2015).


Harga produk Apple seperti iPhone yang mahal memang kerap jadi sasaran tembak pesaing. Namun CEO Apple, Tim Cook berulangkali menyatakan iPhone memang pantas dihargai mahal karena katanya berkualitas tinggi dan konsumen selalu memburunya.


"Kami selalu yakin bahwa peran kami dalam kehidupan adalah untuk membuat yang terbaik, bukan yang terbanyak. Kadang-kadang Anda memang bisa membuat yang terbaik dan juga terbanyak, tapi kadang kala tidak," kata Tim Cook beberapa waktu yang lalu.


Tapi Pichai agaknya tidak setuju dengan Cook. Apalagi Google memang banyak menyediakan produknya secara gratis sehingga digunakan banyak orang. Sebut saja sistem operasi Android. Meskipun memang Google tetap mengeruk keuntungan dari iklan dan sebagainya.


"Produk-produk itu sangat disukai. Kami punya banyak produk yang jumlah penggunanya lebih dari 1 miliar. Produk ini punya banyak value. Dan kami menyediakan banyak layanan dengan cuma-cuma," kata Pichai.


(gst/gst)