EvolvePOS, Aplikasi Point of Sales Khusus UKM

Jakarta - Microsoft bersama dengan pengembang aplikasi Phire Studio meluncurkan aplikasi sistem manajemen cash modern bernama EvolvePOS dalam acara Bandung Food Truck Festival (BFTF) 2015 di Graha Mekar Wangi, Bandung, Jumat (27/2/2015).

Aplikasi yang dioperasikan pada tablet berbasis Windows 8.1 ini menggabungkan kelebihan mesin cash register (kasir) dengan sistem POS (Point of Sale) yang didukung juga dengan teknologi Microsoft Azure.


"Aplikasi ini memudahkan pelaku UKM dalam pengolahan data transaksi jual beli secara cepat, akurat dan mudah. Selain itu aplikasi ini lebih hemat dibandingkan dengan mesin kasir biasanya," ujar Henke Yunkins, Business Development Manager Phire Studio dalam jumpa pers.


Tak hanya seperti mesin cash register yang hanya mencatat transaksi, namun aplikasi ini memungkinkan pelaku UKM melakukan eksplorasi bisnis seperti melihat feedback customer di media sosial.


"Aplikasi ini juga memungkinkan pemilik UKM untuk memeriksa transaksi di mana pun mereka berada tanpa harus menunggu print out," katanya.


Aplikasi ini menurut Henke membawa pelaku UKM lebih dekat dengan teknologi sehingga bisa berkembang seperti pengusaha kuliner bermodal besar.


Business Grup Head Windows Division Microsoft Indonesia Lucky Gani menuturkan bahwa peluncuran aplikasi EvolvePOS ini merupakan bagian dari komitmen Microsoft untuk membantu UKM di Indonesia semakin maju dan berkembang.


Salah satu peserta BFTF 2015, Temmy Mintardja dari Sadewa Steak & Island Oasis menuturkan bahwa EvolvePOS ini menjawab kebutuhan bisnis kuliner yaitu sistem manajemen cash yang efektif dan efisien.


"Biaya mesin kasir biasa dan softwarenya bisa menghabiskan biaya Rp 20 juta sementara EvolvePOS dapat dibeli dengan kisaran harga Rp 3 jutaan. Harga itu sudah termasuk tablet berbasis Windows 8.1," jelas Temmy.Aplikasi EvolvePOS saat ini sudah dapat diunduh di Windows store.


(tya/asj)