Kehilangan 4 Juta Pengguna, Twitter Salahkan iOS 8

Jakarta - Dalam laporan keuangan terakhirnya, Twitter menyebut bahwa selama Q4 2014 mereka kehilangan setidaknya 4 juta pengguna aktif. Dan mereka menimpakan kesalahan tersebut kepada Apple, terutama pada mobile OS teranyar mereka, yaitu iOS 8.

Itu dikatakan oleh CFO Twitter Anthony Noto dalam earning call mereka baru-baru ini. Noto menyebut adanya bug soal integrasi Twitter dengan iOS 8 telah membuat Twitter kehilangan 4 juta pengguna, atau sekitar setengah dari total pertumbuhan jumlah pengguna Twitter, demikian dilansir Recode, Minggu (8/2/2015).


Menurut Twitter, ini ada kaitannya dengan sebuah bagian pada aplikasi Safari di iOS 8, tepatnya bagian bernama Shared Links. Di iOS 7, jika pengguna terhubung ke akun Twitter, bagian Shared Links itu akan menujukkan kicauan dari orang-orang yang terhubung pada akun Twitter si pemilik akun.


Dan berkat fitur itu, setiap pengguna Twitter yang juga pemakai Safari akan terhitung sebagai pengguna aktif. Namun Apple menghilangkan fitur tersebut pada iOS 8, dan mengharuskan pengguna Safari untuk mengaksesnya secara manual. Twitter kehilangan sekitar 3 juta pengguna aktif gara-gara fitur tersebut.


Sisanya sekitar 1 juta pengguna, yang hilang gara-gara mengunduh iOS 8, dan kemudian tak pernah lagi membuka aplikasi Twitter, karena lupa password, ataupun memang tak bisa log in kembali.


Namun belakangan Twitter meralat pernyataan tersebut, dan menyebut kesalahan ada pada pihak mereka, bukan iOS 8.


(asj/asj)