Setelah Android One, Lollipop 5.1 Lompat ke Moto G?

Jakarta - Bukannya ke seri perangkat Nexus, versi Android terbaru Lollipop 5.1 malah meluncur di ponsel Android One yang notabene adalah ponsel murah. Namun yang selanjutnya bakal didatangi pun kemungkinan bukan ponsel kelas atas, karena informasinya mengatakan Lollipop 5.1 akan mampir dulu ke Moto G.

Bila benar artinya Moto G bakal jadi ponsel keempat yang merasakan versi anyar Android itu setelah ponsel buatan Nexian, Evercoss, dan Mito. Itu pun tak semua seri Moto G, melainkan baru sebatas yang generasi kedua yang dirilis tahun 2014 lalu.


Informasi ini semakin diperkuat oleh sebuah bocoran gambar yang isinya menunjukkan Moto G yang telah dibekali Lollipop 5.1. Namun dilihat dari versi build-nya, Lollipop 5.1 yang dipakai Moto G generasi kedua itu baru dibuat pada 2 Februari lalu.


Jadi sepertinya Motorola baru memulai pengembangan Lollipop 5.1 untuk ponselnya. Artinya waktu rilisnya masih cukup lama, mungkin baru bulan Maret nanti. Meski begitu, baik pihak Motorola maupun Google belum menyampaikan tanggapannya terkait bocoran tersebut.


Android Lollipop 5.1 disebut menjanjikan peningkatan performa yang lumayan signifikan. Di ponsel Android One yang baru dirilis di Indonesia beberapa hari lalu, klaim tersebut sepertinya cukup terbukti.


Tapi karena Android One itu single platform, tentu akan lebih afdol pembuktiannya bila dijalankan di ponsel non Android One yang multi-platform alias punya berbagai pilihan spesifikasi.


(yud/ash)