Samsung Bantah Kalah dari Micromax

India - Samsung dikabarkan turun tahta di India di mana penjualan mereka dikalahkan vendor smartphone lokal, Micromax. Namun Samsung segera membantah kabar tersebut.

Menurut biro riset Canalys, total pengapalan smartphone di India adalah 21,6 juta unit pada periode Oktober - Desember 2014. Dari angka tersebut Micromax menempati porsi 22%. Sementara pangsa pasar Samsung jatuh menjadi 20% sehingga disalip Micromax.


Akan tetapi laporan tersebut tidak benar di mata Samsung. Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini menyatakan masih menjadi produsen smartphone terbesar di India dengan mengutip data dari Gfk. Data ini menurut Samsung berbasis penjualan di retail.


Menurut Samsung yang mengutip Gfk, pangsa pasarnya di India pada periode Oktober sampai Desember 2014 adalah 34,3 %. Artinya mereka masih memimpin.


"Di tahun 2014, kami melanjutkan kepemimpinan dengan produk inovatif dan menarik. Tahun itu pangsa pasar kami mencapai 35,7% di pasar smartphone yang lebih dari dua kali lipat posisi selanjutnya," klaim Asim Warsi, Vice President Samsung India Electronics.


"Data Gfk ini berdasarkan penjualan retail yang sesungguhnya," tambah dia seperti yang dikutip detikINET dari Business Today, Kamis (5/2/2015).


(fyk/yud)