Pengguna iPhone Sedikit Tapi Mau Keluar Banyak Duit

Jakarta - Pertumbuhan smartphone di Indonesia sangat tinggi. Dari pertumbuhan ini, dikatakan tiga operator besar Telkomsel, XL Axiata dan Indosat, Android pengguna iPhone di Indonesia masih kalah banyak dari Android.

"Kalau melihat kontribusi smartphone, kita compare juga bagaimana dengan Android, iPhone dan BlackBerry dan yang paling tinggi sekali memang Android. Namun dari sisi usage ARPU penggunaan untuk iPhone jauh lebih tinggi dibanding Android dan BlackBerry," kata Basuki Ebtayani GM Device Bundling & Customization Strategy Telkomsel.


Di acara peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus di Mall Taman Anggrek, Jumat (6/2/2015), Basuki mengatakan dari 140 juta pelanggan Telkomsel, ada 1,5 juta orang di antaranya pengguna iPhone.


Bagi Indosat, seperti dikatakan Faried Ismunandar yang menjabat sebagai Division Head Device Management operator yang identik dengan warna kuning tersebut mengatakan tingginya penggunaan data di kalangan pengguna iPhone menguntungkan bagi operator.


"Kalau lihat data dari GFK penjualan iPhone langsung meningkat pesat dalam 12 bulan belakangan. Bagus juga buat di kitanya karena itu juga akan meningkatkan usage data," sebutnya.


Senada dengan dua operator sebelumnya, XL Axiata pun menyebutkan bahwa di jaringannya basis pengguna Android masih lebih besar. Namun itu dikarenakan handset Android bervariasi dari berbagai merk dari yang murah sampai mahal.


Pengguna iPhone, meski jumlahnya tak sebanyak Android, menguntungkan operator karena rata-rata penggunaan data mereka lebih tinggi dibandingkan smartphone lain.


"Jadi meskipun secara volume iOS tidak sebesar Android atau BlackBerry di jaringan kita, tapi kita melihat pelanggan-pelanggan kita yang iPhone termasuk data hunger, pemakaian datanya tinggi," kata Denny Galant Head of Device Channel XL Axiata.


Ditambahkannya, pada intinya XL melihat semua pelanggan, yang menggunakan perangkat Android, BlackBerry maupun iOS, harus diperhatikan dan diberi layanan terbaik.


(rns/yud)