iPhone 6 Datang, iPhone Lawas Belum Hilang

Jakarta - iPhone 6 akhirnya datang juga ke Indonesia. Setelah kedatangan perangkat genggam Apple paling premium ini, iPhone lawas ternyata belum akan mati. Ini alasannya.

Menurut Djatmiko Wardoyo, Direktur Marketing & Communication Erajaya, iPhone 6 dengan harganya yang lebih premium bakal membuka segmen baru, yakni bagi mereka yang mencari smartphone di atas Rp 10 juta.


Ya, untuk bisa mencicipi iPhone 6, harga yang harus ditebus paling murah adalah Rp 10,7 juta dan paling mahal adalah iPhone 6 Plus 128 GB dengan harga lebih dari Rp 15 juta.


Nah, bagi fans iPhone yang tak kuat dengan harga iPhone 6 dinilai bakal masih setia dengan seri di bawahnya, yaitu iPhone 5S, 5C atau bahkan iPhone 4.


"Pasar iPhone 5S masih ada, selalu ada pasar yang di bawahnya, di bawah Rp 10 juta. Sementara iPhone 6 åkan membuka pasar baru. Bahkan iPhone 4 yang harganya di bawah Rp 5 juta saja masih punya peminat. Tapi bukan alokasi baru, tetapi cuma menghabiskan stok," papar Koko, sapaan akrab Djatmiko, saat berbincang dengan detikINET.


Hanya saja, Koko memastikan bahwa Erajaya sebagai salah satu distributor produk Apple di Indonesia, belum ada rencana untuk memangkas harga jual iPhone 5S, 5C dan bahkan iPhone 4.


"Semua ada segmennya sendiri. Rp 4 jutaan untuk iPhone 4, Rp 6 jutaan dan Rp 8 jutaan untuk iPhone 5C dan 5S, sedangkan yang di atas Rp 10 jutaan merupakan pasarnya iPhone 6," imbuhnya.


Hal ini juga dapat dilihat dari tempat penjualannya, dimana iBox lebih kencang menjual iPhone 5S dan menyasar pasar lebih premium. Sedangkan iPhone 4 lebih sukses menjual iPhone 4 dengan pasar yang lebih di bawah iBox.


(ash/asj)