Cortana Ingin Seperti 'Scarlett Johansson'

Jakarta - Menyaksikan film 'Her', semua pasti setuju bagaimana asisten digital begitu menjiwai tugasnya. Sampai-sampai user jatuh cinta dengan teman barunya tersebut. Hal itu ternyata dekat dengan kita, dan mulai terwujud.

Cortana merupakan asisten digital yang dibesut oleh Microsoft untuk dibenamkan ke sistem operasi Windows Phone terbaru. Cortana berbeda dengan layanan sejenis, karena Cortana ingin dibuat 'semanusiawi' mungkin.


Cortana adalah satu-satunya asisten smartphone yang datang dengan sifat 'manusiawinya'. Dan sulit untuk tidak melihat kesamaan antara Cortana dengan artificial intelligence (Al) yang di film 'Her' diisi suaranya oleh si seksi Scarlett Johansson.


Keputusan Microsoft untuk menanamkan Cortana dengan kepribadian berasal dari satu tujuan akhir, yaitu lebih mengikat pengguna.


"Kami melakukan penelitian dan menemukan bahwa orang lebih cenderung untuk berinteraksi dengan mesin ketika mereka merasa lebih manusiawi, " kata Susan Hendrich, salah satu tim yang mengembangkan Cortana ini.


Untuk menggambarkan bahwa yang diinginkan manusia dengan mesin adalah dinamis, Hendrich menunjuk pengalaman neneknya dengan vacum cleaner yang dinamai Roomba


"Dia (neneknya) memberi nama dan kepribadian untuk benda mati, dan itu membawa sukacita dan rasa bahagia baginya," ceritanya, seraya dia ingin agar pengguna Windows Phone merasakan hal yang sama.Next


(tyo/ash)