Irista, Gudang Foto di Cloud ala Canon

Jakarta - Saat masih format beta, layanan ini bernama Project1709. Tak terdengar familiar? Canon kini meluncurkannya secara resmi dengan nama Irista.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (7/6/2014), ini adalah layanan penyimpanan file serupa Dropbox dan Box, namun khusus untuk menyimpan foto.


Di sini, para fotografer bisa mengupload, berbagi dan mengatur koleksi foto mereka. Yang membedakannya dengan layanan penyimpanan cloud lainnya, Irista tidak mendukung file lain selain foto. Tentu saja ini karena sesuai peruntukannya seperti telah disebutkan sebelumnya.


Irista memiliki sejumlah fitur built-in, antara lain fungsi berbagi ke Flickr dan Facebook, bahkan melihat komentar dari interface Irista. Sayangnya, saat ini Irista belum memungkinkan untuk membagi foto ke Twitter atau Instagram.


Pengguna bisa membuat album sebanyak yang mereka inginkan. Irista mendukung semua jenis file foto populer, termasuk RAW. Asyiknya, tidak ada batasan ukuran file. Pengguna bahkan bisa mengedit data foto EXIF langsung di layanan tersebut.


Resmi live mulai pekan ini, Irista menyediakan kapasitas penyimpanan gratis 10GB. Bagi yang menginginkan kapasitas lebih besar, Irista menawarkan berlangganan dengan harga dan kapasitas bervariasi.


Selain Canon, Leica pun berencana membuat layanan serupa. Sayangnya Leica baru sampai pada tahap pengembangan. Belum diketahui kapan kira-kira layanan penyimpanan foto di cloudnya meluncur.


Sama seperti Canon Irista, photo storage milik Leica nantinya bukan diplot untuk bersaing dengan layanan seperti Dropbox, melainkan lebih dikhususkan bagi fotografer yang menginginkan medium penyimpanan lebih baik ketimbang memori card.


(rns/ash)