Intel Moorefiled Lebih Kencang dari Snapdragon 801

Taipei - Sebagai prosesor terbaik, Snapdragon 801 kerap dijadikan target untuk dikalahkan kompetitornya. Tak terkecuali Intel yang mengklaim prosesor ponsel terbarunya lebih kencang dibanding prosesor besutan Qualcomm itu.

Tak ingin dianggap sekadar bicara, raksasa chip ini pun membuktikannya dengan mengadu kedua prosesor menggunakan aplikasi benchmark 3DMark.


Hasil pengujian mencatatkan Intel Moorefield dengan empat inti prosesor berkecepatan 2,3 GHz unggul, dengan poin sebesar 20.887. Lebih tinggi dari Snapdragon 801 yang 'hanya' mendapat skor 18.742.


Menurut Matt Dunford, Manager WW Client Benchmarking Intel, tingginya skor Intel Moorefield juga tak lepas dari chip grafis yang digunakan yakni PowerVR G6430. Chip grafis yang sama dengan yang ada pada iPhone 5S.


Unggul secara performa bukan berarti lebih baik, hal yang tak kalah penting yang harus diperhatikan Intel adalah soal user experience. Boleh dibilang seri Snapdragon sangat kompeten dalam hal ini.


Kinerja cepat memang penting, tapi kenyamanan penggunaan juga tak kalah pentingnya. Inilah yang selama ini berhasil dipertahankan Qualcomm dengan Snapdragon, dan bukan perkara mudah mengalahkan hal tersebut.


(yud/eno)