AMD Kaveri Kini Ada di Laptop

Taipei - Setelah lebih dulu hadir untuk komputer desktop, AMD kini juga membawa Kaveri untuk laptop. Performa yang ditawarkan diklaim tak jauh berbeda.

Kaveri pertama kali diluncurkan untuk desktop pada Januari 2014 silam, chip ini sekaligus menjadi prosesor pertama AMD yang sudah mengusung arsitektur Heterogeneous System Architecture (HSA).


Nah, semua kemampuan tersebut ingin dibawa AMD ke komputer jinjing dengan meluncurkan Kaveri FX di pameran Computex 2014 di Taipei, Taiwan, yang turut dihadiri detikINET.


"(Versi mobile) ini masih mengunakan arsitektur sama tapi lebih hemat energi," kata Kevin Lensing, Senior Director, Mobility Product Line Client Global Business Unit AMD.


Berbekal kemampuan Kaveri versi desktop, AMD Kaveri FX juga menggunakan Steamroller dengan prosesor 4 inti, dan 8 GPU Compute Core yang dikemas dalam satu paket, alias APU.


Dalam spesifikasinya, AMD juga mengklaim Kaveri untuk laptop ini hanya membutuhkan energi 17-35 watt, tak seperti versi desktop yang membutuhkan daya 45-95 watt tergantung tipenya.


Selain itu Lensing juga memperkenalkan laptop HP Elite 700 series, komputer jinjing pertama yang menggunakan prosesor AMD Kaveri FX.

(nk/eno)