Mengapa Auto Focus Gak Bisa Fokus?

Jakarta - Saya punya kamera DSLR Nikon 5100. Namun Auto Focus lensa tidak berfungsi lagi, apakah lensa yang sudah rusak atau settingan kamera yang salah? (Muhammad Nur)

Jawaban:


Sebelumnya apakah autofocus lensa pernah aktif/jalan? Kalau pernah mungkin karena lensanya rusak atau settingan di kamera salah. Misalnya di setting kamera, mode autofokus atau tuas autofokusnya ke MF/manual fokus.


Tapi kalau sudah dibetulkan settingnya dan kameranya belum bisa autofokus, kemungkinan besar lensa yang digunakan tidak memiliki motor fokus di dalam lensanya. Akibatnya, saat dipasang di Nikon D5100, tidak bisa autofokus.


Lensa yang punya motor fokus ada kode AF-S di nama lensanya. Lensa-lensa yang kodenya AF, tidak bisa autofokus saat dipasang di Nikon D5100.


Lensa AF tersebut hanya bisa autofokus di kamera menengah canggih yang memiliki motor fokus di badan kameranya seperti Nikon D90, D7000, D7100 dan sebagainya.


(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.