CEO Apple Ungkap Rahasia Akuisisi Rp 34,8 Triliun Beats

Jakarta - Apple setuju membeli produsen headphone premium Beats Electronics senilai USD 3 miliar atau di kisaran Rp 34,8 triliun. Sebuah harga begitu mahal sehingga tidak sedikit yang mempertanyakan mengapa Apple mau melakukan aksi akuisisi itu.

Malah diyakini, pembelian Beats adalah akuisisi termahal Apple sepanjang sejarah perusahaan. Kepada media teknologi Recode, Tim Cook selaku CEO Apple mencoba menjelaskan alasan di balik pembelian mahal Beats. Berikut ulasannya.


Akuisisi ini tidak biasa untuk Apple. Mengapa Anda melakukannya?


Semua ini adalah tentang musik dan kami selalu memandang musik adalah kunci masyarakat dan budaya. Musik selalu berada di jantung Apple. Ada di dalam DNA kami. Kami menjual komputer Mac pada musisi sejak kelahirannya. Dan kami mengakselerasi industri musik dengan revolusi musik digital melalui iPod dan toko musik iTunes.


Jadi, kami selalu mencintai musik dan percaya pada kekuatannya, yakin bahwa musik bisa melampaui bahasa, budaya dan membawa orang bersatu serta memproduksi emosi dan perasaan mendalam yang tidak bisa dilakukan hal lain.


Apa yang dibawa Beats untuk Apple adalah orang-orang dengan skill sangat langka. Orang-orang seperti ini tidak dilahirkan setiap hari. Mereka sungguh mendalam soal musik.


Kami juga mendapatkan sebuah layanan musik berlangganan (Beats Music - red) yang kami yakini sebagai layanan pertama yang melakukannya dengan tepat. Mereka juga membuat bisnis headphone premium luar biasa yang disukai ahli. Kami menggemarinya. Bisnis ini cukup baik dan tumbuh dengan cepat.Next


(fyk/ash)