Setelah Triple Play, Telkom Siap Loncat ke Octuple Play

Jakarta - Telkom tak main-main dalam upayanya jadi raja broadband di Tanah Air. BUMN telekomunikasi itu tak mau berpuas diri hanya menyediakan tiga paket layanan alias triple play, tapi nantinya delapan paket sekaligus alias Octuple Play.

"Kalau Anda tanya Telkom, kami dengan Indihome tidak lagi triple play atau quadruple play, tetapi bisa disebut sebagai octuple play, delapan layanan dalam satu paket," ungkap VP Consumer Marketing & Sales Telkom Jemy Confido di Jakarta, Senin (18/3/2015).


Menurutnya, IndiHome memang dihadirkan untuk mendukung sepenuhnya perkembangan gaya hidup dan kebutuhan pelanggan, dimana desain layanan triple play ditambah berbagai layanan seperti Wifi, selular, digital music, global call dan home automation.


“Tetapi paket layanan tersebut tetap dapat dinikmati dengan harga yang kompetitif,” katanya seraya mengucap, era layanan broadband membuka berbagai kemungkinan baru bagi service provider dalam memberikan layanan kepada pelanggan.


Jemy menjelaskan, analogi yang sering digunakan untuk membandingkan broadband dan narrowband adalah jalan. Bila narrowband adalah jalan biasa, maka broadband adalah jalan tol. Jika jalan semakin lebar, maka lebih banyak mobil dengan kecepatan tinggi yang bisa lewat. Berkat broadband, lebih banyak layanan yang bisa dinikmati oleh pelanggan.


Di segmen fixed broadband yang mengandalkan akses dengan serat optik, awalnya dikenalkan layanan triple play atau tiga layanan dalam satu paket, yaitu telepon rumah, akses internet kecepatan tinggi dan televisi, khususnya IPTV alias Internet Protocol Television.


Perkembangan teknologi yang pesat memungkinkan pengembangan layanan baru untuk mengantisipasi perubahan gaya hidup yang juga terus berkembang dan menyebabkan tumbuhnya kebutuhan dan keinginan baru dari pelanggan.Next


(rou/rns)