TV Analog Simpan 'Warisan' Frekuensi 100 MHz untuk 4G

Jakarta - TV analog menyimpan warisan yang sangat berharga. Yakni frekuensi selebar 100 MHz yang sudah ancang-ancang bakal dioptimalkan untuk ekspansi mobile broadband 4G LTE.

Alhasil, untuk merealisasikan rencana ini, Kominfo terus berupaya mendorong percepatan migrasi dari TV analog ke digital sehingga frekuensi 700 MHz yang disebut sebagai frekuensi emas itu bisa segera dimanfaatkan untuk 4G.


Pemerintah berharap proses migrasi ini TV analog akan selesai pada tahun 2018. “Sisa 100 MHz, rencananya untuk 4G,” kata Muhammad Budi Setiawan, Dirjen Sumber Daya & Perangkat Pos & Informatika saat ditemui detikINET di sela-sela peluncuran Telkomsel 4G LTE di Bandung.


Dengan lebar frekuensi 100 MHz tersebut, menurut Budi, itu sudah lebih dari cukup untuk membangun infrastruktur 4G LTE Indonesia yang mumpuni. Hanya saja, Kominfo belum memutuskan bagaimana pembagian blok di 700 MHz nantinya jika jadi digunakan untuk 4G.


“Jika spektrum tersebut dibagi masing-masing 20 MHz, maka akan ada 5 blok. Lebih ektrim lagi kalau misalnya dibagi masing 40 MHz atau 45 MHz akan ada dua operator di sana,” jelas Budi.


Namun ia belum bisa memastikan kapan frekuensi ini akan dilelang ke operator. “Baru kosongnya 2018, jadi tunggu itu dulu,” tutupnya.


Sebelumnya, Menkominfo Rudiantara mengungkapkan bahwa akhir tahun 2015 bakal dikeluarkan beleid baru migrasi siaran digital.Next


(ash/ash)