Akun Twitter BBC Dibajak




Jakarta - Beberapa analisa prakiraan cuaca yang tidak valid tampil pada akun BBC Kamis kemarin (21/3/2013), setelah diselidiki ternyata akun media asal Inggris itu telah di-hack.

Pihak yang tak bertanggung jawab tersebut menyebarkan informasi palsu kepada follower akun BBC yang saat ini mencapai 60 ribu user.


Berbagai kicauan prakiraan cuaca yang tidak jelas tertulis pada akun BBC sesaat setelah diretas seperti, "Kemarin malam agak dingin", dan "Stasiun cuaca Saudi terjatuh karena tabrakan dengan Unta".


Bahkan yang paling nyeleneh adalah kicauan yang bertuliskan, "Karena diprakirakan cuaca sangat buruk akan menghampiri, maka pemerintah Libanon memutuskan untuk menjauhkan diri dari galaksi Bimasakti".


Namun dikatakan oleh BBC, pembajakan akun resmi BBC yang sempat terjadi pada Kamis siang kemarin (21/3/2013) tersebut telah ditangani dan akun tersebut kini telah kembali diambil alih oleh BBC. Dalam waktu sekejap pula BBC langsung menghapus semua konten yang berisi informasi tidak jelas di akunnya.


Meski belum jelas pihak mana yang mengusili akun Twitter BBC tersebut, namun dugaan kuat mengatakan pelaku adalah pendukung presiden Suriah Bashar Al-Assad.


Sebab selain memposting prakiraan cuaca ngawur, pelaku juga mengetikkan kicauan yang isinya mengenai berita-berita yang terkait dengan presiden negara yang sedang mengalami konflik tersebut. Demikian seperti dikutip oleh detikINET dari BBC, Jumat (22/3/2013).


( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!