Bos Teknologi Adobe Hijrah ke Apple




Kevin Lynch (forbes)


Cupertino - Setelah sempat memaki-maki Apple di era Steve Jobs, Kevin Lynch kini rela melepas jabatannya di Adobe sebagai Chief Technology Officer demi posisi jabatan yang levelnya sedikit lebih rendah di Apple.

"Kevin Lynch telah mengundurkan diri dari posisinya sebagai Executive Vice President, Chief Technology Officer, of Adobe System, efektif per tanggal 22 Maret," demikian pengumuman yang dirilis Adobe.


Nah, setelah meninggalkan Adobe dan bergabung dengan Apple, Lynch akan mengisi posisi yang cukup penting di perusahaan asal Cupertino tersebut, yakni Vice President Technologies. Namun levelnya jelas bukan CTO seperti di Adobe.


Nantinya, Lynch akan berada satu tim dengan Bob Mansfield yang masih memangku jabatan sebagai Head Technologies Group Apple. Sebuah struktur baru yang dibuat oleh Tim Cook setelah iOS Maps mendapatkan kritikan tajam.


"Kevin Lynch akan bergabung dengan Apple sebagai Vice President Technology, yang akan memberikan laporan ke Bob Mansfield," ungkap juru bicara Apple, Steve Downling, yang dikutip detikINET dari Forbes, Rabu (20/3/2013).


Lynch bergabung dengan Adobe sejak tahun 2005. Ia bergabung saat perusahaan itu mengakusisi Macromedia, tempatnya bekerja sebelumnya. Di Macromedia, Lynch adalah kunci perusahaan itu dilirik Adobe karena kesuksesannya mengembangkan software Dreamweaver, yang saat ini digunakan oleh Adobe.


Sekedar mengingatkan, Apple sejak tahun 2010 lalu sebenarnya sudah 'putus hubungan' dengan Adobe Flash untuk perangkat iOS. Karena Steve Jobs yang menolak keras kehadiran Flash di produknya.


Saat itu, Jobs mendeskripsikan Flash sebagai hal yang ketinggalan zaman, tidak dapat diandalkan, dan tidak layak untuk iPhone dan iPad. Jobs bahkan juga menyebutkan bahwa Flash hanya dirancang 'untuk PC yang menggunakan mouse, bukan untuk layar sentuh'.


Kejadian inilah yang membuat Lynch sempat memaki-maki Apple. Namun siapa sangka, yang tadinya seteru berat kini malah jadi satu tim. Mantan CTO Adobe ini telah siap melangkah untuk duduk bergabung di jajaran eksekutif Apple yang bermukim di Infinite Loop 1, markas Apple.


( rou / rou )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!